Minggu, 19 Juni 2011

SELUK BELUK DATA BASE


Sempet geli juga sich ada mahasiswa infokom yang sudah tue’ masih  nanyaian apa itu database? (mange kuliah ngapain j.., hihi). Tragisnya lagi waktu seminar dalam PKN (Praktek Kerja Nyata) ditaxain bedanya microsoft dan windows malah jawabane kesasar ke hutan (agagaag). Tapi kali ini tulisan ane g membahas tentang Microsoft dan windows (terlalu gampang,,hihi) atau bagaimana cara membuat suatu database dg Microsoft acces, foxpro atau yang semacamnya (g tau kali ya.., hihi). Dalam tulisan ne ane Cuma menulis tentang “seluk beluk database” percuma donk kalau kita mempelajari acces, foxpro, atau semacamnya kalau tidak tahu apa sebenarnya database!!..(wah,, nanti dijuluki mahasiswa mamong dech, hihi).

Okelah mari kita mulai dg baca basmalah (bismillahir rohmanir rohim) pembahasan seluk beluk data base ini, moga bermanfaat, amin!!.

1.  Pengertian DataBase

Database (basis data) tersusun dari 2 kata, yaitu data dan base. Data adalah representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (mahasiswa, dosen, satpam), barang, hewan, peristiwa, tumbuh-tumbuhan, angka, symbol, teks, gambar, bunyi atau yag lainnya. Sedangkan base/basis adalah markas/gudang, tempat bersarang atau berkumpul. Jadi database  (basis data) adalah himpunan kelompok data (arsip) yang saling berhubungan yang diorganisasi sedemikian rupa agar kelak dimasa yang akan datang dapat dimanfaatkan kembali secara cepat dan mudah.
Dewasa ini istilah database cenderung digunakan di seputar sistem-sistem yang terkomputerisasi, tetapi kartu-kartu lama yang dulu digunakan untuk menggolongkan dan mencari buku diperpustakaan merupakan salah satu contoh bagus untuk database yang tidak-terkomputerisasi. Perbedaannya, komputer membuat akses ke data lebih cepat. Hal itu berarti, untuk gampangnya saja, bahwa daripada harus menelusuri 50.000 lembar kartu didalam ruang yang berdebu selama tiga hari (hadeh.. capek dech), sebuah computer akan melakukan pekerjaan yang sama dalam waktu kurang dari satu detik.

2.  Database Vs Database Management System

database merupakan kumpulan data yang berupa gambar, symbol, angka-angka, atau yang lainnya (males xebutin semuanya,,hihi) yang saling berhubungan. Agar data dalam database tetap terkontrol, maka kita membutuhkan perangkat lunak yang dikenal dalam bahasa infokomnya yaitu DBMS (Database Management System/System Manajemen Database). DBMS terhadap database adalah bagaikan pengolah kata terhadap surat (inget menteri persuratan nich,, hihi).
Adapun perangkat lunak yang saya ketahui untuk mengolah, mengontrol, memanipulasi suatu database yaitu M.Acces, Foxpro, Oracle, Mysql. Lho… kalau M.Exel itu ko’ g masuk daftar?? Suatu hal yang harus diperhatikan bahwa database bukan hanya disimpan di media penyimpanan data secara elektronis (komputer), artinya tidak semua bentuk penyimpanan data elektronis dapat disebut database. Kita boleh-boleh saja menyimpan data dalam Microsoft exel tetapi tidak dapat dikatakan sebagai database. Karena didalamnya tidak ada pemilihan, pengelompokan, pengaturan dan pengorganisasian data sesuai jenis/fungsinya.

3.  Komponen-Komponen Penting Database

a.   Table(table) merupakan struktur dasar tempat data disimpan dalam database. Bayangkanlah table sebagai container dimana data berada dan ketiga komponen lainnya sebagai piranti-piranti yang memanipulasi data yang ada dalam table tersebut.
b.   Form merupakan piranti yang memungkinkan untuk melihat data dan mengedit data dalam table. Sebenarnya, kita dapat saja pergi langsung ke table itu sendiri dan melakukan kedua tindakan ini, tetapi kedua tindakan ini biasanya dilakukan via form.
Satu pertanyaan bagus sering terlontar pada titik ini “mengapa menggunakan form?” dan satu jawaban sederhana (tapi benar) dapat diberikan, yaitu form dapat dibuat lebih menark dan juga lebih mudah digunakan dari pada table.
c.   Query, jika tabel bisa mengakses keseluruhan data sekaligus maka query mampu mengakses data secara spesifik, misalnya data sensus penduduk tahun 2012 (wah.. kesalip tahunnya,,hehe) dengan query kita bisa melihat data penduduk yang berusia 25 tahun. Jadi gak perlu repot-repot melihat data tabel mulai dari atas sampek bawah Cuma nyari penduduk yang berusia 25 tahun (capek dech,,).
d.   Report digunakan untuk menghasilkan output cetak dari tabel. Jika kita mengiginkan sebuah daftar yang berisi nama dan alamat semua pelanggan untuk dicetak (print) maka kita bisa menggunakan report ini.

4.  penerapan database

Hampir semua aspek pemanfaatan perangkat computer dalam sebuah organisasi/perusahaan senantiasa berhubungan dengan database. Perangkat komputer tersebut biasanya digunakan untuk menjalankan fungsi pengelolaan system informasi. Yang saat ini menjadi sebuah keharusan, demi untuk meningkatkan efisiensi, kecepatan operasional, keakuratan dan daya saing perusahaan.
Adapun bentuk organisasi yang memanfaatkan basis data adalah perbankan, asuransi, rumah sakit, lembaga pendidikan, telekomunikasi dan banyak lagi yang lainnya (kayak lagunya rhoma irama,,hehe). Maka dari itu, kita sebagai mahasiswa, khususnya yang menempuh infokom jangan hanya jadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang), macah (mahasiswa cari jodoh,,hehe). karena tentu saja apa yang diajari dibangku perkuliahan sangat kurang sekali sehingga tidak boleh tidak (alias wajib) untuk menembel kekurangan-kekurangan yang ada dalam perkuliahan (belajar mandiri).



Berdoa, berusaha dan bertawakkal
ttd


syaiful hasan basri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar